Review vendor wedding

As my promise di postingan sebelumnya, aku mau review vendor-vendor yang telah membantu dalam pernikahanku.

Tapi sebelumnya, aku mohon maaf apabila ada vendor yang bintangnya nggak aku kasih rate 5, ya… Mungkin bagi klien lain, vendor ini sangat memuaskan, tapi unfortunately not for me. So, jangan jadikan blog post ini sebagai patokan, ya. Karena ini murni dari pengalamanku.

1. Make up & Attire : Witsa House Wedding (****)

Mulai dari kostum dan make up pengantin sampai orangtua dan keluarga, aku ambil paket di Witsa House Wedding ini. Yang punya namanya Ratna Yuniarti, tapi biasa dipanggil Tante Yuyun. Tante Yuyun ini orangnya cantiiik banget, udah gitu ramah, dan yang pasti ngerti banget baju seperti apa yang aku mau pakai saat pernikahan.

Tante Yuyun ini aku dapat rekomendasi dari kakak sepupuku yang waktu nikah juga ambil paket kostum dan rias pengantin di Witsa. Dan sampai hari H aku sama sekali nggak make up trial, lho… Aku percaya aja sama Tante Yuyun. Dan terbukti waktu siraman dan akad, make up-ku oke banget!

Tapi kenapa aku kasih bintangnya 4, bukannya 5?

Karena… Hiks, make up ku saat resepsi too bold alias menor! Walaupun banyak yang bilang bagus dan cantik (Entah benar, entah basa basi), teman-teman dekatku banyak juga yang nggak suka. T_T

img_3409

Make up for AKAD

Nothing is wrong about make up for akad, right? But… *sigh* Terlalu menor ya ternyata. Jadi saat make up-an itu nggak segini merahnya blush onku, tapi lama kelamaan make upnya pigmented sehingga warnanya keluar lebih menonjol gitu…

img_3763Tapi so far so good, kok. Aku masih kelihatan cantik dan stunning di atas pelaminan dan juga difoto. Thank you Tante Yuyun :*

2. Venue & Catering : Grand Pasundan Convention Hotel (*****)

Bintang 5 untuk hotel ini! Yeaaaayyy!

Dari awal cek-cek lokasi, deal, dan sampai pada hari H dan bahkan setelahnya, hotel ini benar-benar memuaskan.

Sales personnya yang dipanggil Pak Apih, benar-benar komunikatif dan helpful banget. Selalu mengusahakan yang aku mau terwujud. Pak Apih the best! Dan lagi lokasi yang cukup besar dan makanan yang enak benar-benar nggak mengecewakan. Para tamu puas dengan rasa makanannya, itu yang penting, kan? ^^

Dan lagi, saat masuk kamar pengantin, kami dapat compliments mocktail, buah, dan handuk dengan inisial nama kami, R&F. Saat check out keesokan harinya, Grand Pasundan juga memberi oleh-oleh cake yang enak banget! ^^

img_3398

3. Decoration : X-ti Design (*****)

X-ti design ini rekanannya Hotel Grand Pasundan dan memang langsung direkomendasikan menggunakan dekor ini oleh Pak Apih. Dari awal wasapan sampai ketemu dengan marketingnya yang bernama Koh Herman, semua berjalan lancar. Koh Herman sama dengan Pak Apih, mengupayakan apa yang aku mau terwujud. Hihihi secara ekeu bawel banget, yaaa…

Selain itu, Koh Herman juga memberi masukan-masukan yang bagus untuk dekornya, nggak cuma iya-in aja apa yang aku mau. 5 bintang buat X-ti dan Koh Herman. Belum lagi aku minta bonus 2 hand bouquet pun dikasih! Cuma sayangnya, dekor ini minim sekali penggunaan fresh flowers-nya. Padahal aku pengen ruangan jadi harum aroma bunga segar. Hehehe…

4. Documentation: Spotcorner Photography (***)

Bintang 3???

Well, sebenarnya hasil-hasil foto dari spotcorner ini bagus… Bisa dilihat saat foto pre-wedding disini. Cuma yang bikin kecewa, pas hari – H aku merasa fotografer yang on duty kurang sigap, gitu… Firman pun berpikiran sama denganku.

Memang sih, mereka fokus ambil gambar aku dan Firman dari awal sampai akhir, cuma aku jadi kehilangan moment ketika prosesi pengenalan orangtua dan bridesmaids (Apa ya sebutannya? Entrance performance?). Waktu aku konfirmasi, alasannya itu tadi, fokus ke pengantinnya. *Sigh

Dan lagi, marketingnya kayak kurang care gitu saat menjelang hari H dan pas hari H-nya. Memang tanggal 17 itu mereka ada double job, orang yang bertugas dibagi, tapi aku kecewa kenapa yang datang ke aku bukan Mas Apitz (owner Spotcorner) nya langsung? Dan juga, marketingnya nggak dateng ke aku, malah ke nikahan satunya. Jadi, di instagram Spotcorner yang banyak terdokumentasi ya nikahan yang satunya, bukan nikahan aku.

Aku kecewa banget disitu.

Belum lagi, follow up mengenai album. Harus aku yang tanya baru mereka ngabarin. Kan sebel, ya… Udah gitu nggak ada kata-kata thank you atau apa gitu dari mereka. Malah saat aku komplain kayak main lempar-lemparan gitu dari marketingnya ke Apitz. Lalu jawaban Apitz juga menurutku kurang nice. Tapi ya sudahlah, yang penting semuanya sudah berlalu dengan lancar.

5. Wedding Organizer : Everlasting Wedding Planner (****)

Wedding planner ini aku pilih berdasarkan rekomendasi sepupu dan juga sudah kenal orangnya. Kalo udah kenal kan jadi enak yaa nyuruh-nyuruhnya. Hehehe… Apalagi aku kan bawel banget.

Yang in charge sama aku dari awal tuh Teh Eva. Dia sahabatnya sepupuku. Orangnya ramah, baik, dan helpful. Walaupun aku ambil paket yang paling murah, tapi Teh Eva bantuin banget dari sebelum siraman sampai setelah hari H buat bantuin balikin bajunya Tante Yuyun hihihihi…

Tapi kenapa aku cuma ngasih bintang 4, bukannya 5?

Ada beberapa hal yang aku kurang puas, sih… Mungkin akunya aja yang terlalu ribet atau inginnya serba sempurna. Tapi kesempurnaan kan hanya milik Allah, ya… Hehehehe…

1 bintang yang aku nggak kasih itu adalah untuk kurang sigapnya pas hari H. Entah gimana, aku ngerasa banyak message yang aku mau untuk vendor-vendor lain tuh nggak ke deliver dengan baik. Jadi aku harus 2x ngomong, ke WO dan ke vendornya.

5. Music : Cikallia Music (*****)

Thanks to A Rangga dan Teh Cika atas musiknya yang luar biasa!!!

Udah. Itu aja reviewnya. Bintang 5, sih… Everything is perfect. Hehehe

6. MC : Imam Ady (*****)

Baju MC-nya lebih hebring daripada pengantin prianya booookk… Hahahaha… Salah Firman sih yang maunya tampil simple… Huft.

A Ady memandu acara dengan baik dan lancar, walaupun ada keselimpet lidah saat bilang Grand Pasundan Convention Hotel jadi Grand Pasundan Conventional Hotel. Hahahaha

7. Wedding Ring : Suki Gold, Cikini Gold Center (*****)

Proses pembuatan cepat, rapi, dan harga lebih murah dibanding toko lain!

img_3175img_3385

 

Itulah review vendor yang aku gunakan saat pernikahanku dengan Firman!

Alhamdulillah semua telah berjalan lancar meski ada kekurangan-kekurangan. Jika ada vendor yang terlewat, let me know di comment yaaa…

Thank youuuu

Leave a Reply

