Hongkong – Shenzhen 2015 Trip

Ni hao ma!
Whoaa~ Senang sekali aku bisa berlibur untuk melepas penat bekerja sepanjang tahun. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi Negeri Tiongkok, lebih tepatnya kota Hongkong dan Shenzhen, pada tanggal 28 – 31 Mei 2015 lalu. Aku berlibur bersama Ayah dan Mama mengikuti rombongan kantor ayahku.

Hari 1

Kamis dini hari, aku berangkat ke bandara Soekarno Hatta dengan taksi. Karena Ayah dan Mama tinggal di Bandung sementara aku di Jakarta, maka lokasi meeting point kami di bandara, tepatnya terminal 2E. Kami berangkat ke Hongkong pukul 6.25 WIB dengan penerbangan China Airlines.

Perjalanan Jakarta-Hongkong memakan waktu kurang lebih 4 jam, dikarenakan perbedaan waktu antara Jakarta dengan Hongkong adalah 1 jam.
Begitu tiba di Hongkong International Airport, kami langsung berfoto-ria di tulisan “Welcome to Hongkong”. Norak? Biarin! Hihihihi

Dari bandara, tour dimulai dengan photostop di Golden Bauhunian Square. olden Bauhunian Square merupakan lokasi dimana sebuah monumen perjanjian saat Hongkong diambil alih oleh China.
IMG_5132(1)

Dari sini kita juga mendapatkan city view kota Hongkong.

Setelah dari Golden Bauhunian Square, kami lanjut ke Victoria Peak, dan berkunjung ke Madame Tussaud. Tujuanku ke sana adalah untuk berfoto dengan patung lilin Kim Soo Hyun (pemeran Do Min Joon dalam kdrama You Who Came From The Stars), Lee Min Ho, dan Soekarno. Aku juga berfoto dengan semua patung lilin yang ada di sana, terutama tokoh-tokoh besar yang aku tahu. Tapi sayangnya, karena aku berfoto di kamera dan memory card-nya hilang, hilang sudah foto-fotoku di sana. Yang ada hanya beberapa foto yang mamaku ambil menggunakan kamera handphonenya. Hiks~ Disitu sekarang saya merasa sedih T.T

Setelah dari Madame Tussaud, kami lanjut ke Avenue of Stars untuk melihat cetakan telapak tangan yang kebanyakan Selebriti China dan melihat keindahan City View kota Hongkong.

FullSizeRender(2)

Avenue of Stars selesai, kami melanjutkan perjalanan yang membuatku semangat, yaitu Ladies Market! Ladies Market ini adalah pusat perbelanjaan di Hongkong. Di sini harga-harga souvernir jauh lebih murah, dan aku mendapatkan beebrapa make up di Etude House dengan harga yang jauh lebih murah dari storenya di Indonesia. Yippiiii!!!

Hari 2

Hari kedua ini kami tur belanja lagi ke City Gates Mall. Di mall ini, barang-barang branded dihargai lebih murah daripada di Indonesia. Konon katanya karena barang-barang di Hongkong nggak memiliki pajak seperti di negara kita. Tapi sebelum ke City Gates Mall, kami stop dulu di Disneyland Hongkong untuk berfoto-foto di bagian depannya saja. Yah… Semoga next time ada kesempatan main di Disneyland.

Setelah lelah belanja, siang harinya kami bergerak menuju perbatasan Hongkong, memasuki imigrasi Shenzhen. Meskipun Hongkong sudah masuk ke wilayah China, kita tetap memerlukan visa bila mau memasuki kota Shenzhen.

Begitu memasuki kota Shenzhen, aku merasa lebih segar. Suasana kota Shenzhen lebih teratur dan rapi, nggak seperti di Hongkong yang di kanan-kiri bangunan tinggi yang sangat padat. Di Shenzhen, jalan raya cukup lebar dengan trotoar untuk pejalan kaki yang juga lebar dan rapi. Di sini juga banyak orang kemana-mana menggunakan sepeda yang diberi aki. Lucu deh, sementara China membuat sepeda motor dan menjualnya ke negara lain, pemerintah justru melarang rakyatnya menggunakan sepeda motor.

Sebelum ke hotel, kami melakukan wisata belanja lagi ke Luohu. Luohu itu seperti Mangga Dua-nya Jakarta, Pasar Baru-nya Bandung.Di sini semua barang KW, nggak asli seperti di City Gates Mall. Berhubung aku nggak menukar uang Yuan banyak, di sini aku hanya membeli aksesoris untuk oleh-oleh. Padahal banyak tas tangan yang cantik dan aku yakin nggak ada di Indonesia.

Tapi Luohu bagus juga untuk foto-foto. Dasar orang Indonesia, nemu spot bagus pasti langsung pose dan jepret! Hihihi

Di Luohu ini, selain tempat belanja, terdapat juga stasiun kereta yang bisa membawa kita ke kota-kota di China lainnya.

Setelah dari Luohu, kami makan malam dan pulang ke hotel.

Hari 3

Hari ketiga dalam trip kali ini, kami mengunjungi Window of The World. Window of The World adalah Taman Mininya dunia. Di dalamnya, ada berbagai miniatur khas setiap negara, termasuk Candi Borobudur Indonesia.

FullSizeRender(1)

Di Window of The World ini banyak toko souvenir dan disinilah aku menghabiskan Hongkong Dollar-ku huhuhuhuhuhu…

WIndow of the World menjadi akhir tour hari ini. Sebelum kembali ke hotel untuk free time, kami makan malam dulu.
Info aja, lidahku nggak terlalu cocok untuk makanan disana. Rasanya agak sedikit hambar di lidahku yang Indonesia banget. Alhasil selama makan di sana, aku dan yang lainnya makan pakai boncabe, abon sapi, dan teri medan yang kami bekal dari Indonesia hahahaha~

Hari 4

Tur Hongkong-Shenzhen kami usai hari ini. Kami kembali ke Hongkong setelah melewati perbatasan dan imigrasi yang melelahkan karena angkut-angkut koper sendiri. Mana naik tangga segala. Kami menghabiskan waktu dengan jalan-jalan dan belanja di HKIA.
Oh iya, di sini, banyak TKW yang berjualan makanan Indonesia! Dan kami bahagia banget hanya dengan makan pecel sayur dengan tempe goreng. Yuummm… Pokoknya masakan Indonesia the best!!!

Aaahhh~ Akhirnya kami kembali pulang ke tanah air. Semoga bisa mengunjungi kota-kota di negara China dan negara lainnya!
Mungkin next Korea atau London?