Berpenampilan Vintage, Ikuti Tren Fashion Tahun 1960an-1980an


Perkembangan fashion bisa dikatakan memiliki siklus seperti roda. Anda mungkin tidak pernah menyadari bahwa tren fashion yang Anda suka saat ini sebetulnya adalah tren fashion yang begitu populer di era 1970an. Fashion memang selalu berputar. Ketika Anda kembali mempopulerkan tren fashion di era puluhan tahun yang lalu, Anda akan disebut sebagai seseorang berpenampilan vintage. Pola dasar yang digunakan sebagai patokan fashion dari waktu ke waktu sebetulnya sama. Yang membuat tren fashion itu berbeda hanya ada pada pemilihan warna dan bahan pakaian. Sesekali, Anda perlu mengetahui perkembangan fashion yang ada agar Anda mengerti asal mula kemunculan tren fashion saat ini.

Tren Fashion 1960an

Pada era 1960an, tren fashion yang banyak dipopulerkan adalah mini dress, sebagaimana dapat Anda lihat pada gambar. Dress sederhana dan simpel ini banyak dipadankan dengan boots selutut maupun flat shoes. Tren ini ternyata tidak ada matinya. Sampai sekarang pun, Anda akan banyak menemukan mini dress dengan beragam model dan warna di berbagai pusat perbelanjaan. Bahan yang digunakan juga beragam dimulai dari bahan kaos, katun, chiffon, hingga bahan sutra. Model yang digunakan juga bervariasi mulai dari mini dress dengan lengan panjang, mini dress dengan lengan pendek, hingga mini dress tanpa lengan. Tren fashion tahun 1960an menekankan pada kesederhanaan, kemudaan, dan kerapian. Fotografer kenamaan Norman Parkinson berkata bahwa fashion tahun 1960an selama satu dekade yang direfleksikan lewat peralihan tren dari gaun-gaun klasik hingga busana color-blocked yang ceria. Tatanan rambut chignon dan rias wajah ala pesta beralih menjadi model rambut sasak tinggi dan riasan cat eye yang sensual. Peralihan tren dari era ‘50an ke ‘60an ini disebut Swinging Sixties, ini menggambarkan ayunan mode yang dinamis dan penuh perubahan.

Tren Fashion 1970an

Agaknya tren fashion era 1970an lebih mengarah ke arah retro. Gaya pakaian yang dimasukkan ke dalam rok yang populer di era ini ternyata kembali populer di era sekarang. Pemilihan warna yang kontras dan cerah juga banyak digunakan pada tren fashion 1970an. Selain itu, penggunaan aksesoris seperti belt atau sabuk juga nampak populer di era ini. Cardigan dan rok lipit selutut juga tidak kalah ‘hits’ pada fashion era 1970an. Untuk pemakaian sepatu, jenis sepatu platform nampaknya selalu menjadi idola para penggemar fashion di era ini. Sedangkan pada akhir tahun 1970an, gaya dandanan ala punk mulai bermunculan. Hal ini ditandai dengan gaya rambut spike, paku, dan maraknya jaket kulit.

Tren Fashion 1980an

Tampaknya tren fashion 1980an sedang marak-maraknya digunakan oleh wanita masa kini. Sebut saja celana jeans dengan model cutbray yang dipadankan dengan blouse yang dimasukkan atau model blouse dengan batwing yang kini ramai digunakan. Long dress dengan berbagai bahan juga populer di era ini. Selain itu, model pakaian dengan menggunakan long dress juga biasa dipadankan dengan pemakaian bolero, baik bolero berlengan maupun bolero tanpa lengan. Namun, satu hal yang menjadi penanda tren fashion pada tahun ini yaitu munculnya bantalan bahu untuk wanita. Selain itu, terdapat banyak T-shirt warna-warni ala Hawaii pada tren fashion tahun ini.

source : http://perempuanpunya.blogspot.com/2012/10/berpenampilan-vintage-ikuti-tren.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s